HADIAH 100% GRATIS

www.klikfb.com/?m=cdc7095

Monday, June 24, 2013

Makanan Unik dan Khas Jogja


                Ada beberapa makanan khas jogja yang mungkin menarik untuk anda saat berkunjung ke kota yang mempunyai slogan "Berhati Nyaman ". Kota ini mempunyai ciri khas yang rata-rata ada rasa manisnya dalam setiap masakannya. Itulah uniknya, tak kalah dengan nama-nama masakan khas jogja berikut ini yang bisa di jadikan oleh-oleh..



GUDEG
Gudheg Jogja Asli
          Gudeg dalam bahasa Jawa disebut gudheg merupakan makanan tradisional khas dari Daerah Istimewa Yogjakarta/Jogyakarta. Gudeg merupakan masakan yang terbuat atau berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan campuran santan, dan biasanya disajikan bersama dengan nasi, dengan tambahan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur ayam, tahu bacem beserta sambal goreng krecek. Dibalik rasa nikmat dan enak dari masakan ini, dibutuhkan waktu yang sangat lama bisa sampai berjam-jam untuk mengolah masakan gudeg ini. 



BAKPIA
Bakpia Jogja Asli
              Kue ini sering dibeli orang untuk oleh-oleh dari Jogja. Rasanya manis, dibuat dari adonan tepung yang diisi dengan kacang hijau, tetapi sekarang lebih bervariasi ada juga yang diisi keju atau coklat. Daerah yang terkenal bakpianya tentu saja Pathok yang biasa dikenal dengan bakpia Pathok, letaknya di sebelah barat Malioboro.

GEBLEK
Geblek Jogja Asli
              Geblek adalah makanan yang banyak di jumpai di daerah Kulon Progo. Rasa makanan yang satu ini berbeda dengan lainnya karena rasanya gurih dan sedikit asin. Terbuat dari tepung singkong dan dibumbui. Makannya nikmat sewaktu hangat kalau sudah dingin agak kenyal. Geblek yang masih mentah punya kelebihan yaitu dapat bertahan sampai 4 hari. Kalau melebihi 4 hari, maka geblek siap digoreng ini akan mengeras, dan bila digoreng, rasanya pun tidak enak lagi.

GEPLAK
Geplak Jogja Asli
                 Geplak adalah makanan khas kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa, yang rasanya manis. Ada pula yang menyebutnya sebagai makanan Betawi dengan tambahan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut. Terdapat pula geplak yang dibuat dari waluh. Industri geplak umumnya dapat ditemui di daerah Bantul, Yogyakarta, yang kebanyakan diusahakan oleh industri rumah tangga. Selanjutnya jenis penganan ini berkembang meluas akibat permintaan pasar dan diusahakan tidak hanya di sekitar kota Yogya akan tetapi juga di seluruh nusantara.

 KIPO
Kipo Jogja Asli
               Kue yang satu ini tidak banyak bisa kita jumpai, kecuali kita pergi ke pasar Kota Gede. Rasanya, tentu saja manis. Kudapan kecil  yang berwarna hijau ini merupakan salah satu kue basah tradisional yang memasaknya dengan cara dipanggang. Paduan kelapa parut dengan gula merah, dan dilapisi oleh kulit yang diolah dari tepung ketan, kipo memiliki rasa yang lezat. Ukurannya yang kecil justru membuat kita semakin ketagihan. 

 TIWUL
Tiwul Jogja Asli
              Panganan yang satu ini asli dari Gunung Kidul, rasanya juga manis dan gurih. Dahulu, tiwul dikenal sebagai panganan yang identik dengan kemiskinan karena daerah Gunung Kidul yang tidak subur sehingga warga setempat kesulitan menghasilkan sumber makanan pokok, kecuali hanya menanam singkong, namun sekarang tiwul menjadi makanan universal yang siapa saja menyukainya. Tiwul terbuat dari singkong yang dijadikan gaplek, kemudian baru diolah jadi tiwul. Biasanya disantap dengan sayur, tetapi sekarang kebanyakan disajikan dengan parutan kelapa karena sering juga dibuat oleh-oleh.


No comments :